Kisi-kisi
kelas III UKK IPA Rabu,10 Juni 2015
Tes
Kemampuan Dasar Tahun Pelajaran 2014/2015
NO
|
KD/INDIKATOR
|
BAHAN KELAS/SEMESTER
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
4.1
|
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh
bentuk dan ukuran
|
III/2
|
Gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan
ukuran
|
-
Disajikan sebuah gambar benda siswa dapat
menentukan jenis gerakan benda
-
Disajikan data atau pernyataan siswa dapat
menyebutkan jenis gerak benda tersebut
-
Disajikan data alat dalam kehidupan
sehari-hari siswa dapat memperkirakan benda jika dimasukkan dalam air
-
Disajikan sebuah gambar percobaan siswa dapat
mengidentifikasi gerakan benda dengan tepat
-
Disajikan sebuah gambar percobaan siswa dapat
mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerakan benda
|
4.2
|
Mendeskripsikan hasil pengamatan
tentang pengaruh energi panas,gerak dan getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
III/2
|
Pengaruh energi panas, gerak, getaran
dalam kehidupan sehari-hari
|
-
Disajikan gambar percobaan siswa dapat
menentukan pengaruh energi panas pada benda
-
Disajikan pernyataan siswa dapat
mengidentifikasi pengaruh energi matahari dalam kehidupan sehari-hari
-
Disajikan gambar percobaan siswa dapat
mengidentifikasi tentang pengaruh energi gerak benda dalam kehidupan
sehari-hari
-
Disajikan pernyataan siswa dapat menjelaskan
pengaruh getaran dalam kehidupan sehari-hari
|
4.3
|
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
|
III/2
|
Macam-macam sumber energi
|
-
Siswa dapat menunjukkan adanya energi
berdasarkan pengamatan
-
Siswa dapat menyebutkan sumber energi yang
dibutuhkan makhluk hidup
-
Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang dapat
digerakkan oleh angin
|
NO
|
KD/INDIKATOR
|
BAHAN KELAS/SEMESTER
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
|
|
III/2
|
Pengunaan sumber energi
|
-
Siswa dapat menyebutkan tujuan penggunaan sumber
energi
|
5.1
|
Membuat kincir angin untuk menunjukkan energi angin dapat diubah
menjadi energi gerak
|
III/2
|
Penerapan konsep energi
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi konsep kincir air
dalam kehidupan sehari-hari
|
5.2
|
Menerapkan cara menghemar energi dalam kehidupan sehari-hari
|
III/2
|
Cara menghemat energi
|
-
Siswa dapat menjelaskan cara penghematan
energi
|
6.1
|
Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
|
III/2
|
Kenampakan permukaan bumi
|
-
Siswa dapat mengidentifikasi bentuk penampakan
permukaan bumi
-
Siswa dapat menyebutkan daerah yang termasuk
wilayah lautan
|
6.2
|
Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
|
III/2
|
Hubungan keadaan langit dan cuaca
|
-
Siswa dapat menyebutkan pengertian cuaca
-
Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan
bentuk awan
-
Disajikan pernyataan siswa dapat menyebutkan
keadaan cuaca
|
6.3
|
Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi kegiatan manusia
|
III/2
|
Pengaruh cuaca terhadap terhadap
kegiatan manusia
|
-
Disajikan pernyataan siswa dapat
mengidentifikasi keadaan yang sesuai keadaan cuaca tertentu
-
Siswa dapat menyebutkan pakaian yang tepat
untuk cuaca tertentu
-
Disajikan gambar siswa dapat mengidentifikasi
keadaan cuaca yang sesuai gambar
|
6.4
|
Mengidentifikasi cara manusia dalam memeliara dan melestarikan alam
di lingkungan sekitar
|
III/2
|
1. Pemanfaatan
sumber daya alam
|
-
Siswa dapat menyebutkan pengertian sumber daya
alam
-
Siswa dapat menyebutkan contoh makanan yang
berasal dari tumbuhan
-
Siswa dapat menyebutkan bagian tumbuhan yang
digunakan untuk perabot rumah tangga
-
Siswa dapat menyebutkan manfaat hewan bagi
manusia
|
NO
|
KD/INDIKATOR
|
BAHAN KELAS/SEMESTER
|
MATERI
|
INDIKATOR SOAL
|
|
|
|
|
-
Siswa dapat menyebutkan manfaat tanah bagi
manusia
-
Siswa dapat menyebutkan manfaat bahan tambang
bagi manusia
|
|
|
|
2. Cara
memelihara dan melestarikan alam
|
-
Siswa dapat menyebutkan tindakan yang dapat
merusak lingkungan
-
Siswa dapat menyebutkan akibat-akibat dari kerusakan
lingkungan
-
Siswa dapat menyebutkan cara memelihara dan
melestarikan alam
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar