Selasa, 09 Juni 2015

Kisi-kisi kelas III UKK IPA Rabu,10 Juni 2015

Kisi-kisi kelas III UKK IPA Rabu,10 Juni 2015
Tes Kemampuan Dasar Tahun Pelajaran 2014/2015

NO
KD/INDIKATOR
BAHAN KELAS/SEMESTER
MATERI
INDIKATOR SOAL
4.1
Menyimpulkan hasil pengamatan bahwa gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran
III/2
Gerak benda dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran

-     Disajikan sebuah gambar benda siswa dapat menentukan jenis gerakan benda
-     Disajikan data atau pernyataan siswa dapat menyebutkan jenis gerak benda tersebut
-     Disajikan data alat dalam kehidupan sehari-hari siswa dapat memperkirakan benda jika dimasukkan dalam air  
-     Disajikan sebuah gambar percobaan siswa dapat mengidentifikasi gerakan benda dengan tepat
-     Disajikan sebuah gambar percobaan siswa dapat mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi gerakan benda
4.2
Mendeskripsikan hasil  pengamatan tentang pengaruh energi panas,gerak dan getaran dalam kehidupan sehari-hari
III/2
Pengaruh energi panas, gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari
-     Disajikan gambar percobaan siswa dapat menentukan pengaruh energi panas pada benda
-     Disajikan pernyataan siswa dapat mengidentifikasi pengaruh energi matahari dalam kehidupan sehari-hari
-     Disajikan gambar percobaan siswa dapat mengidentifikasi tentang pengaruh energi gerak benda dalam kehidupan sehari-hari
-     Disajikan pernyataan siswa dapat menjelaskan pengaruh getaran dalam kehidupan sehari-hari  
4.3
Mengidentifikasi sumber energi dan kegunaannya
III/2
Macam-macam sumber energi
-     Siswa dapat menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
-     Siswa dapat menyebutkan sumber energi yang dibutuhkan makhluk hidup
-     Siswa dapat menyebutkan benda-benda yang dapat digerakkan oleh angin


NO
KD/INDIKATOR
BAHAN KELAS/SEMESTER
MATERI
INDIKATOR SOAL


III/2
Pengunaan sumber energi
-     Siswa dapat menyebutkan tujuan penggunaan sumber energi
5.1
Membuat kincir angin untuk menunjukkan energi angin dapat diubah menjadi energi gerak
III/2
Penerapan konsep energi
-     Siswa dapat mengidentifikasi konsep kincir air dalam kehidupan sehari-hari
5.2
Menerapkan cara menghemar energi dalam kehidupan sehari-hari
III/2
Cara menghemat energi
-     Siswa dapat menjelaskan cara penghematan energi
6.1
Mendiskripsikan kenampakan permukaan bumi di lingkungan sekitar
III/2
Kenampakan permukaan bumi
-     Siswa dapat mengidentifikasi bentuk penampakan permukaan bumi
-     Siswa dapat menyebutkan daerah yang termasuk wilayah lautan
6.2
Menjelaskan hubungan antara keadaan awan dan cuaca
III/2
Hubungan keadaan langit dan cuaca
-     Siswa dapat menyebutkan pengertian cuaca
-     Disajikan gambar, siswa dapat menyebutkan bentuk awan
-     Disajikan pernyataan siswa dapat menyebutkan keadaan cuaca
6.3
Mendiskripsikan pengaruh cuaca bagi  kegiatan manusia
III/2
Pengaruh cuaca terhadap terhadap kegiatan manusia
-     Disajikan pernyataan siswa dapat mengidentifikasi keadaan yang sesuai keadaan  cuaca tertentu
-     Siswa dapat menyebutkan pakaian yang tepat untuk cuaca tertentu
-     Disajikan gambar siswa dapat mengidentifikasi keadaan cuaca yang sesuai gambar
6.4
Mengidentifikasi cara manusia dalam memeliara dan melestarikan alam di lingkungan sekitar
III/2
1.    Pemanfaatan sumber daya alam
-     Siswa dapat menyebutkan pengertian sumber daya alam
-     Siswa dapat menyebutkan contoh makanan yang berasal dari tumbuhan
-     Siswa dapat menyebutkan bagian tumbuhan yang digunakan untuk perabot rumah tangga
-     Siswa dapat menyebutkan manfaat hewan bagi manusia


NO
KD/INDIKATOR
BAHAN KELAS/SEMESTER
MATERI
INDIKATOR SOAL




-     Siswa dapat menyebutkan manfaat tanah bagi manusia
-     Siswa dapat menyebutkan manfaat bahan tambang bagi manusia



2.  Cara memelihara dan melestarikan alam
-     Siswa dapat menyebutkan tindakan yang dapat merusak lingkungan
-     Siswa dapat menyebutkan akibat-akibat dari kerusakan lingkungan
-     Siswa dapat menyebutkan cara memelihara dan melestarikan alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar